Apple Kembangkan Teknologi Fitur Keamanan dan Hide My Email

Apple Kembangkan Teknologi Fitur Keamanan dan Hide My Email

Apple Kembangkan Teknologi Fitur Keamanan dan Hide My Email

Taiyabs.com - Di zaman kian modern ini, teknologi Apple semakin berkembang. Apple mengembangkan beberapa fitur keamanan yang akan tersedia di iOS 15 dan macOS Monterey. Dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC), Apple mengumumkan fitur masuk log (login) di situs web atau aplikasi tanpa menggunakan kata sandi. Pengguna tidak lagi repot membuat kata sandi log in tetapi cukup membuat user name kemudian melakukan autentikasi dengan fitur Face ID atau Touch ID.  Pengganti sandi ini akan disinkronisasi ke perangkat Apple melalui iCloud. Salah satu kelebihan fitur ini lebih mudah, cepat dan aman karena hanya butuh satu ketukan untuk log in.

Fitur selanjutnya yang sedang dikembangkan oleh Apple yaitu indikator mikrofon. Sebenarnya fitur ini sudah tersedia di iOS 14 tetapi terdapat perbedaan yaitu menampilkan fitur yang memungkinkan pengguna dapat melihat aplikasi yang sedang mengakses mikrofon di MacOS Monterey. Lebih tepatnya pembaruan macOS Monterey dapat melihat aplikasi mana saja yang memiliki akses ke microfon Mac di Control Center. Indikator perekaman “warna oranye” ditampilkan setiap aplikasi memiliki akses ke mikrofon. Dalam MacOS Monterey, Apple juga akan menciptakan fitur Erase All Contents and Settings sehingga pengguna tidak dibuat susah jika ingin menghapus seluruh aplikasi dan data sebelum menginstal ulang MacOS.

Apple juga mengembangkan teknologi pemisahan patch keamanan dari pembaruan. Pengguna akan disajikan pilihan dua versi pembaruan softwere di aplikasi  “Settings”. Versi baru iOS 15 untuk semua fitur terbaru dan rangkaian pembaruan keamanan terlengkap atau melanjutkan di iOS 14 dan tetap mendapatkan pembaruan keamanan. Kedua versi tersebut sama pentingnya untuk pengguna jika ingin berpindah ke versi utama.

Pada bulan Maret 2020 Apple menemukan masalah privasi keamanan. Dalam iOS 14, Peneliti keamanan menemukan celah keamanan yang dapat berpotensi merugikan pengguna. Celah keamanan tersebut memungkinkan berbagai aplikasi, termasuk TikTok, yaitu melihat clipboard tanpa persetujuan pengguna. Apple mengkhawatirkan masalah tersebut karena dapat mengakses data yang sensitif. Teknologi yang sedang dikembangkan Apple dalam iOS 15, akan menciptakan fitur Secure Paste yang akan melindungi clipboard pengguna dari aplikasi lain. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan copy dan paste tanpa memberikan akses informasi di clipboard kepada aplikasi lain. Informasi di clipboard dapat diakses setelah pengguna melakukan paste di aplikasi lain.

Pemrosesan ucapan pada perangkat (on device speech processing) sekarang tidak hanya mampu menangani permintaan secara offline, tapi juga permintaan audio yang sepenuhnya diproses di perangkat pengguna. Fitur tersebut menyesuaikan konten berdasarkan pola penggunaan perangkat. Salah satu teknologi untuk mengatasi masalah privasi besar sebelumnya, yaitu rekaman audio yang tak diinginkan.

Fitur “Mail Privacy Protection” yang baru, menggunakan piksel pelacakan tersembunyi yang disematkan di email. Dalam piksel pelacakan biasanya gambar satu piksel, yaitu cara pengiklan mengetahui apakah email dibuka atau tidak. Saat email berisi piksel tersembunyi sudah dibuka, gambar akan terhubung ke server pengirim dan menyalurkan kembali data sensitif. Data sensitif tersebut seperti alamat IP pengguna, lokasi perangkat atau klien email yang digunakan. Teknologi fitur ini dapat melindungi jika pengguna memilih mengaktifkan fitur, artinya menyembunyikan alamat IP. Jadi pengirim tidak dapat menautkan aktivitas online atau menentukan lokasi pengguna.

Selain itu Apple mengembangkan fitur bernama Hide My Email, bagian dari paket fitur baru di iCloud+ yang diintegrasikan ke peramban web Safari dan Mail. Apple berharap dengan teknologi fitur ini, pengguna dapat membuat email sekali hilang saat mendaftar ke layanan di web. Jadi tidak harus memberikan alamat email sebenarnya. Apple menciptakan fitur serupa melalui Sign in With Apple.



SUBSCRIBE FOR EMAIL