Pelatihan Kuda untuk Pemula

Jika Anda baru mengenal kuda dan berkuda, gagasan untuk benar-benar melatih kuda bisa tampak agak mengintimidasi. Kuda itu besar, memiliki pikirannya sendiri, dan terkadang tampak sangat tidak terduga. Namun, jika Anda bersedia meluangkan waktu untuk mempelajari cara berpikir dan perilaku kuda, Anda dapat melatih kuda Anda melalui banyak masalah dengan cara yang aman bagi Anda dan kudanya. 


Satu peringatan yang akan saya berikan di sini adalah bahwa ada beberapa masalah perilaku yang membutuhkan pengalaman dan keterampilan untuk diselesaikan, tetapi satu-satunya cara untuk mendapatkan pengalaman itu adalah dengan memulai dengan lambat, mulai mengerjakan berbagai hal dan selalu waspada terhadap kuda Anda.


Mulailah Dengan Menonton

Jika Anda baru mengenal pelatihan kuda, langkah pertama adalah mulai mengamati kuda di lapangan dan saat orang lain bekerja dengan mereka. Biasakan membaca bahasa kuda, apa artinya saat kuda mengibaskan ekornya, atau saat mengangkat kepala dan mengencangkan telinganya? Belajar mengenali dan menerjemahkan bahasa tubuh kuda adalah bagian nomor satu untuk berhasil dalam pelatihan dan, yang lebih penting, menjaga diri Anda tetap aman. Anda perlu tahu kapan kuda tidak memperhatikan dan perlu dibangunkan, atau saat kuda didorong terlalu keras dan mulai bersikap defensif dengan bersiap menendang atau menggigit. 


Apakah kudanya menantang dan agresif, atau dia hanya ketakutan? Saya tidak bisa cukup mengatakannya? membaca kuda adalah kunci untuk pelatihan dan kunci untuk tidak terluka dalam proses pelatihan. Anda tidak dapat belajar membaca kuda dengan melihat gambar atau membaca buku.


Anda harus keluar dan melihat kuda sungguhan dan menyadari apa yang mereka lakukan dan rasakan.  Ini adalah keterampilan yang membutuhkan waktu seumur hidup untuk dikuasai, tetapi mulailah sekarang dan Anda mungkin terkejut betapa cepatnya Anda akan mulai memahaminya.


Dasar-dasar Pelatihan

Ada dua cara untuk melatih, dan ini berlaku tidak hanya untuk kuda, tetapi juga untuk diri kita sendiri. Anda bisa berlatih dengan penguatan positif, sehingga kuda bekerja untuk mendapatkan hadiah. Atau Anda bisa berlatih dengan penguatan negatif, sehingga kuda bekerja untuk menghindari sesuatu.

Kebanyakan pelatihan kuda yang baik melibatkan kombinasi keduanya. Makanan dapat digunakan untuk penguatan positif, tetapi untuk kuda, istirahat, kenyamanan, dan keamanan dapat menjadi penguatan positif juga. Di sinilah memiliki hubungan dan hubungan dengan kuda yang Anda latih akan membuat pelatihan lebih mudah dan lebih efektif. Suatu hubungan dapat berarti bahwa kuda memercayai Anda karena Anda berperilaku secara konsisten dan kuda dapat melihat Anda sebagai pendamping, bukan seseorang yang ditakuti.


Jenis pelatihan yang ingin Anda kenali dan hindari adalah di mana kuda semata-mata termotivasi untuk berperilaku dengan cara tertentu untuk menghindari rasa sakit. Ini mungkin karena dia maju dengan cepat karena dia tahu dia akan mendapat taji di sisinya atau cambuk jika dia tidak melakukannya. Meskipun sulit untuk dibedakan, kuda yang telah dilatih hanya melalui rasa sakit mungkin berperilaku baik tetapi secara mental tertutup dan menunjukkan sedikit kepribadian, keingintahuan, atau kasih sayang. Anda ingin kuda Anda menikmati pelatihan, sama seperti anjing keluarga melompat berdiri saat tali ditarik keluar.


Membentuk Perilaku

Perilaku tidak akan terjadi dengan sempurna untuk pertama kalinya. Melatih kuda untuk berperilaku dengan cara tertentu atau melakukan gerakan tertentu membutuhkan waktu dan tindakan tersebut harus dibentuk hingga dilakukan sesuai keinginan Anda. Misalnya, saat melatih kuda untuk melakukan penggantian lead terbang, pengendara biasanya mulai dengan meminta kuda untuk melakukan penggantian lead sederhana dengan mungkin 10 langkah berlari. 


Ini pada awalnya dihargai, dan seiring waktu pelatih menjadi lebih spesifik, meminta langkah berlari yang lebih sedikit dan lebih sedikit sampai akhirnya kuda hanya melakukan perubahan terbang tanpa langkah tambahan. Jelas ada beberapa keterampilan lain yang telah dikuasai kuda untuk melakukan perubahan terbang ini, tetapi prinsip dasarnya sama, pelatih membentuk gerakan sesuai keinginannya.


Contoh lain bisa jadi mengoreksi kuda yang memaksa di tanah. Langkah pertama adalah mulai meminta kuda untuk menjauhkan bahunya. Pada awalnya ini akan terdiri dari tekanan fisik pada tali penuntun dan dengan tangan pelatih mendorong bahu. Saat kuda menggerakkan bahunya menjauh dari pelatih, dia diberi hadiah. 


Setelah beberapa kali pengulangan, pelatih akan meminta kuda untuk bergerak dari tekanan dengan tali penuntun. Sekali lagi, kuda itu akan diberi hadiah jika dia merespons dengan benar. Terakhir, pelatih akan meminta kuda untuk bergerak hanya dengan memberikan tekanan melalui bahasa tubuh dan kuda bergerak. Jika kuda diminta untuk pindah dengan bahasa tubuh hanya untuk pertama kali, ia tidak akan merespons, tetapi setelah tekanan terus-menerus meningkat, ia belajar perilaku apa yang diharapkan, belajar bagaimana melakukannya dengan lebih benar, dan dengan demikian belajar secara efisien tanpanya. stres yang tidak semestinya.

Tidak ada komentar untuk "Pelatihan Kuda untuk Pemula"

SUBSCRIBE FOR EMAIL